
Sudah jadi kewajiban bagi perusahaan untuk memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia yang dimilikinya. Tanpa keberadaan SDM, perusahaan tidak dapat berjalan semestinya.
Pengelolaan SDM sendiri dilakukan oleh manajer HR sebagai pihak yang bertanggung jawab. Mulai dari administrasi SDM sampai dengan pengembangan kompetensi dan skill SDM masuk dalam tugas manajer HR.
Untuk memudahkan menjalankan pekerjaan manajer HR dan tim, perusahaan bisa beralih dari cara manual ke teknologi sistem HR.
Lalu apa itu sistem HR? Simak hingga tuntas pembahasan mengenai teknologi HR berikut ini, ya!
Memahami Teknologi Sistem HR
Pada divisi HR perusahaan, bagian mengelola SDM masih bergantung kepada kapasitas manusia dalam hal ini adalah manajer. Sementara pengambilan keputusan dan pelaksanaan tugas harus didasarkan pada data yang valid.
Disinilah peran sistem HR dalam membantu pekerjaan manajer dan tim HR. Data yang direkam kemudian akan dimanfaatkan secara penuh untuk tujuan analisis berbagai macam hal yang berhubungan dengan karyawan atau SDM di perusahaan.
Sistem HR ini dirancang khusus untuk mengelola SDM di suatu perusahaan lebih praktis dengan digitalisasi dan menjadikannya lebih modern. Walaupun prosesnya dikerjakan secara digital, namun tetap dapat digunakan perusahaan sesuai kebutuhan.
Fungsi yang Harus Ada Dalam Sistem HR
Saat ini sudah banyak pilihan sistem HR yang bisa dimanfaatkan perusahaan, baik itu untuk kebutuhan bisnis secara spesifik maupun kebutuhan yang lebih besar. Namun, dalam memutuskan untuk menggunakan salah satu aplikasi HR, Anda harus tahu fitur-fitur penting yang di dalamnya.
Berikut ini beberapa fungsi yang harus dimiliki oleh teknologi dari sistem HR, yaitu:
1. Absensi online
Salah satu fungsi penting dalam sistem HR adalah adanya absensi online untuk mengelola data kehadiran karyawan dan mencatat jam kerjanya secara digital.
Terutama bagi karyawan yang bekerja dengan mobilitas tinggi akan lebih mudah untuk melakukan absensi.
Apalagi perusahaan tak perlu lagi melakukan pengadaan dan perawatan. Anda cukup melakukan absensi online dari smartphone yang sudah tersedia dalam aplikasi absen Android maupun iOs ataupun melalui website.
2. Perhitungan payroll
Gaji juga jadi salah satu yang terpenting dalam mengelola SDM. Dengan sistem HR proses menghitung gaji lebih efisien dan efektif dilakukan serta menghindari kesalahan akibat human error.
Tak hanya itu, sistem HR akan memberikan solusi perhitungan gaji secara otomatis yang terintegrasi dengan absensi.
3. Database Karyawan
Sistem HR juga harus berfungsi sebagai pengaman dan perlindungan khususnya data-data karyawan serta perusahaan.
Dalam aplikasi HR, data karyawan akan dikelola dengan mudah dan diintegrasikan dengan jadwal kerja hingga penggajian tanpa memakan waktu lama.
4. Cuti karyawan
Sistem HR juga akan memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti sekaligus mempersingkat birokrasi dalam perusahaan.
Bahkan pengajuan cuti ini bisa dilakukan melalui aplikasi dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk diperiksa oleh perusahaan.
5. Reimbursement
Biasanya proses reimbursement di perusahaan membutuhkan waktu yang lama ketika terjadi masalah seperti nota atau bukti pembayaran hilang. Melalui penggunaan sistem HR, proses reimbursement dapat berjalan secara otomatis dan bukti nota bisa diunggah langsung ke sistem.
6. Kelola jam kerja
Sistem HR berfungsi juga memberi kemudahan dalam mengelola jam kerja karyawan dengan lebih mudah, sehingga HR bisa mengetahui apakah karyawan tersebut jam kerjanya sudah sesuai ketentuan atau tidak.
7. Evaluasi kinerja dan appraisal
Adanya sistem untuk HR ini juga membantu perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawannya. Sehingga perusahaan bisa mengetahui bagaimana cara memaksimalkan kompetensi karyawan.
Bahkan di dalamnya terdapat fitur feedback untuk memberi masukan kepada rekan karyawan lain dan juga atasan sehingga membantu perusahaan membangun budaya yang positif.
Berdasarkan sejumlah fungsi yang sudah disebutkan di atas, salah satu sistem HR terbaik yang banyak digunakan perusahaan yaitu LinovHR. Ini adalah aplikasi HR terbaik yang memberikan solusi All In One pada segala aspek bisnis.
LinovHR menyediakan fitur yang sangat lengkap, bahkan lebih dari fitur-fitur utama yang dijelaskan di atas. Sehingga tim HR bisa mengelola administrasi dan memonitor aktivitas karyawan secara real time. Bahkan dalam sistemnya, LinovHR dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik dan kemampuan mendeteksi fake GPS.
Tertarik mencoba? Langsung saja kunjungi website resminya LinovHR untuk jadwalkan demo dan mengkonsultasikan pemakaian aplikasinya berdasarkan kebutuhan perusahaan.
Leave a Comment